MAKALAH EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD)


Berikut cuplikan makalahnya :
BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang Masalah
Ada dua kasus yang melatari penerapan EYD sebagai salah satu kriteria kelayakan sebuah naskah. Kasus pertama yaitu terkadang tidak mampunya Pedoman EYD menjawab beberapa persoalan dalam masalah tatatulis naskah, baik dalam penggunaan kata baku, istilah, tanda baca, maupun singkatan/akronim. Kasus kedua yaitu kurangnya pemahaman penulis naskah, termasuk penerjemah, terhadap EYD itu sendiri sehingga kesalahan-kesalahan elementer dalam penulisan naskah masih sering terjadi, seperti penggunaan kata nonbaku dan penggunaan tanda baca yang keliru.
Dalam kasus pertama, buku Pedoman EYD ataupun Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak bisa semata-mata dijadikan acuan untuk menilai kelayakan naskah, pun termasuk dijadikan satu-satunya referensi untuk penyuntingan naskah. Karena itu, para penulis ataupun penerbit perlu mencari solusi kebahasaan yang lain dan menetapkan suatu keputusan yang ajek sebagai gaya penulisan.
Sebetulnya masalah untuk kasus pertama ini sudah lama dikaji dan akhirnya muncullah gagasan membuat semacam buku pedoman gaya selingkung (house style) penerbitan dalam bahasa Indonesia. Pada awalnya gagasan ini akan dilaksanakan oleh Pusat Perbukuan Depdiknas. Akan tetapi, entah mengapa sampai sekarang buku pedoman gaya selingkung ini tidak pernah selesai.
B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimana cara penggunaan EYD yang benar pada penulisan huruf dan kata?
2.  Bagaimana cara penggunaan EYD yang benar pada penulisan partikel,singkatan,akronim dan angka?
3.      Bagaimana cara penggunaan tanda baca yang benar sesuai dengan EYD
C.     Tujuan Makalah
1.      mengidentifikasi penggunaan EYD yang benar dan baku
2.      mengidentifikasi penulisan kata yang benar sesuai dengan  EYD

D.     Manfaat Makalah

Makalah ini bermanfaat sebagai acuan pembelajaran EYD yang lebih maksimal untuk masa yang akan dating,minimal untuk bahan kajian yang mengacu kepada kemajuan dimasa yang akan datang.


Download Premium | Download Free
Title : MAKALAH EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD)
Description : Berikut cuplikan makalahnya : BAB I PENDAHULUAN A.      Latar Belakang Masalah Ada dua kasus yang melatari penerapan EYD sebag...

0 Response to "MAKALAH EJAAN YANG DISEMPURNAKAN (EYD)"

Post a Comment