Download Makalah Sistem Ekskresi Pada Manusia


langsung download aja di bawah.
oh iya, ini cuplikan makalahnya :


BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
Manusia dalam melakukan aktifitas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya tentu menghasilkan sampah atau limbah. Sampah atau limbah ini merupakan sisa yang harus dibuang agar tidak mengganggu. Demikian pula yang terjadi pada mahluk hidup, semua mahluk hidup bisa mengeluarkan limbah mulai dari hewan yang bersel satu sampai hewan tingkat tinggi, bahkan manusia. Dalam proses pengeluaran limbah pada mahluk hidup memerlukan sebuah system yang disebut system ekskresi. System ekskresi yang dimiliki setiap mahluk hidup berbeda-beda sesuai dengan tingkatan dan konveksitas mahluk hidup.
System ekskresi adalah proses pengeluaran zat-zat hasi metabolisme sel yang sudah tidak digunakan oleh tubuh dan dikeluarkan bersama urine, keringat, atau udara pernapasan. Pada system ekskresi manusia,sisa-sisa metabolisme dapat diserap oleh darah kemudian diproses dan akhirnya dikeluarkan lewat alat-alat ekskresi.
B.  Rumusan masalah
Adapun rumusan masalah pada system ekskresi pada menusia ;
-     Sebutkan alat-alat ekskresi pada manusia ?
-     Bagaimanakah proses pembentukan urine didalam ginjal ?
-     Gangguan-gangguan apa saja yang terjadi akibat kerusakan salah satu bagian ginjal ?
C.  Tujuan
-     Untuk mengetahui dan bisa menjabarkan proses pembentukan urine didalam ginjal
-     Sebagai bahan tambahan pengetahuan untuk pembuatan makalah lebih lanjut
-     Untuk mengetahui macam-macam alat-alat ekskresi pada menusia


BAB II
PEMBAHASAN

Sistem Ekskresi Pada Manusia
Pada system ekskresi manusia, sisa-sisa metabolisme diserap dari darah, kemudian diproses dan akhirnya dikeluarkan lewat alat-alat ekskresi. Berikut akan di jelaskan alat-alat ekskresi manusia, antara lain;
A.  Ginjal
Ginjal atau ren disebut juga buah pinggang karena buahnya seperti biji buah kacang merah. Ginjal terletak dikanan dan kiri tulang pinggang, yaitu dalam rongga perut pada dinding tubuh dorsal. Ginjal berjumlah 2buah, berwarna merah keunguan, dan yang kiri terletak agak tinggi dari kanan.
Lapisan ginjal bagian luar disebut kulit ginjal atau korteks, sedangkan lapisan dalam disebut sumsum ginjal atau medulla. Lapisan paling dalam berupa rongga ginjal disebut pelvis renalis.
Saluran structural dan fungsional ginjal yang terkecil disebut nefron. Tiap nefron terdiri atas badan malpighi yang tersusun dari kapsul bowman, glomerulus yang terdapat dibagian korteks, serta tubulus-tubulus yaitu tubulus kontertus proksimal, tubulus kontertus distal, tubulus pengumpul dan lengkung henle yang terdapat dibagian medulla. Lengkung henle ialah bagian saluran ginjal yang melengkung pada daerah medulla dan berhubungan dengan tubulus proksimal maupun tubulus didaerah korteks. Pada orang dewasa panjang seluruh tubulus kurang lebih 7,5 sampai 15 km.
Ginjal dilindungi oleh lemak, dan selain itu terdapat arteri ginjal yang menyerupai darah. Ginjal mengendalikan potensial air pada darah yang melewatinya. Substansi yang menyebabkan ketidak seimbangan potensial air pada darah akan dipisahkan dari darah dan diekskresikan dalam bentuk urine. Contoh : sisa nitrogen hasil pemecahan asam amino dan asam nukleat.

Download Premium | Download Gratis


Title : Download Makalah Sistem Ekskresi Pada Manusia
Description : langsung download aja di bawah. oh iya, ini cuplikan makalahnya : BAB I PENDAHULUAN A.   Latar Belakang Manusia dalam melaku...

0 Response to "Download Makalah Sistem Ekskresi Pada Manusia"

Post a Comment